Desa Masbagik Utara Baru Menuju Desa Inklusif

“Harapan dari kami selaku pemerintah desa terhadap kehadiran teman-teman dari Lombok Research Center (LRC) untuk berprogram ke desa kami ini, melalui kegiatan Program INKLUSI tentunya sangat positif. Terlebih saat ini kami terus mendorong partisipasi masyarakat untuk dapat terlibat dalam setiap pembangunan desa”, ungkap Khairul Ihsan, SH. Kepala Desa Masbagik Utara Baru. Ungkapan sekaligus harapan Kades Khairul Ihsan tersebut disampaikan pada saat kegiatan pembentukan dan penguatan Kelompok Konstituen Desa Masbagik Utara Baru yang telah dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2022 yang lalu.

Kades Khairul Ihsan juga menyampaikan bahwa pihaknya juga akan meningkatkan perhatiannya terhadap warga masyarakat penyandang disabilitas dalam bentuk komitmen dan mendorong adanya perubahan cara pandang masyarakat terhadap kelompok rentan ini sehingga, hadirnya Program INKLUSI ini akan mendekankan Desa Masbagik Utara Baru menjadi salah satu desa inklusif yang ada di Kabupaten Lombok Timur.

Dalam kesempatan yang sama Baiq Falmayani Indira juga menyampaikan bahwa program ini merupakan program yang cukup lama, sehingga tahapan-tahapan yang dilakukan benar-benar sesuai dengan kondisi lokal. Untuk yang pertama yaitu pembentukan Kelompok konstituen (KK) sebagai ujung tombak program nantinya di tingkat Desa. Kelompok Konstituen ini akan menjadi penyambung harapan masyarakat rentan nantinya ke pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

“Kelompok Konstituen adalah salah satu organisasi komunitas yang dibentuk dalam Program INKLUSI (Kemitraan Australia – Indonesia Menuju Masyarakat Inklusif) Yayasan BaKTI”, ungkap Baiq Falmayani Indira Lombok Research Center sebagai Programme Office pada saat sesi perkenalan Program INKLUSI. Harapannya adalah dengan hadirnya kelompok konstituen ini akan mampu menghimpun berbagai permasalahan yang ada di tengah-tengah komunitas, terutama terkait dengan pemenuhan hak-hak layanan dasar serta layanan perlindungan sosial.

Adapun kegiatan pembentukan dan penguatan Kelompok Konstituen Desa Masbagik Utara Baru dihadiri oleh Kader Desa, unsur pengurus PKK, pemuda, lansia, perwakilan penyandang disabilitas, serta enam kepala wilayah se-Desa Masbagik Utara Baru. Setelah melalui diskusi panjang diantara peserta yang difasilitasi oleh Lombok Research Center (LRC) maka, terpilih Mariani sebagai Ketua dari Kelompok Konstituen “SEHATI” Desa Masbagik Utara Baru. Kemudian untuk bidang pendataan diketuai oleh Fitriati, Sahwil terpilih sebagai ketua bidang pengaduan dan Nurbuana dipercayakan menjadi ketua bidang untuk hubungan masyarakat.

Kepengurusan Kelompok Konstituen “SEHATI” Desa Masbagik Utara Baru ini diisi dari berbagai unsur yaitu, ada yang dari perwakilan kader desa, pemuda dan, kepala wilayah. Diskusi tentang rencana tindak lanjut dari Kelompok Konstituen ini adalah akan melakukan pendampingan terhadap warga masyarakat rentan dan/atau marjinal terutama dalam memperoleh layanan dasar dan layanan sosial. Mereka juga akan berusaha untuk dapat dilibatkan dalam proses perencanaan desa, sehingga Desa Masbagik Utara Baru dapat menjadi desa yang inklusif.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *